Tuesday, February 16, 2010

STAB (stare a bit)

Satu lagi gebrakan baru dari desainer muda yang berasal dari Surabaya. Berawal dari obrolan iseng 2 orang sahabat yang sama-sama alumni SMA Negeri 2 Surabaya, a ready-to-wear label bernama ”STAB (stare a bit)” berhasil didirikan oleh Dewi Asthari dan Bitha Suryohadiprojo pada bulan Mei 2009.

Photobucket
Dewi Asthari & Bitha Suryohadiprojo
(they're wearing their own pants collection)
foto : dokumen pribadi STAB
.

Mencapai suksesnya dengan review yang terdapat di berbagai media komunikasi massa elektronik seperti DailyWhatNot, Rotten Fresh, Happy People Don’t Complain; kualitas produk STAB tidak dapat diragukan lagi. Terbukti juga dengan keikutsertaan mereka ke dalam sebuah event Brightspot Market X'Mas Edition di Plaza Indonesia Jakarta pada tanggal 11- 13 Desember 2009 lalu.

Nah, pengen tau apa aja sih poin-poin menarik yang dimiliki STAB sehingga dapat meramaikan perhelatan dunia fashion di kota metropolitan? Simak wawancara kami dengan mereka berikut ini.


SFC : Ceritain dong gimana awalnya bisa ngebikin label STAB ini?
STAB : Sebenernya STAB ini berawal dari obrolan iseng kami mengenai fashion. Kami berdua emang suka banget sharing-sharing masalah perkembangan fashion, secara dulu Dewi merupakan lulusan fashion design dari Raffles Design Institute Singapore dan Bitha yang pernah belajar fashion marketing di London. Akhirnya, kami berdua memutuskan untuk mendirikan label ini pada bulan Mei 2009. Nah, nama STAB itu sendiri sebenarnya adalah singkatan nama kami berdua, namun kami kembangkan lagi menjadi “Stare A Bit” yang merupakan cara kami mendapatkan inspirasi dari lingkungan sekitar. Hal-hal yang berada di sekeliling kami tersebut ternyata bisa jadi inspirasi untuk membuat detil-detil pada baju.

SFC : Wow, iya setuju banget nih kalo ternyata hal-hal dari lingkungan sekitar bisa dijadikan inspirasi untuk membuat sesuatu. Nah, lalu apakah yang menjadi inspirasi kalian berdua sehingga muncul first collection STAB yang berjudul “We’re Knotting”?
STAB : Oke, mengapa disebut “We’re Knotting”? Karena kami menjadikan tali-temali (knotting) sebagai tema koleksi perdana ini. Berawal ketika kami sedang berada di jalan, kami melihat seorang pengendara sepeda motor yang mengangkut berbagai barang dengan mengikatnya menggunakan tali. Dari situ lah akhirnya kami mendapatkan ide untuk mengaplikasikan tali ke setiap detil baju yang kami buat.

Photobucket


SFC : Good job! Nah terus gimana sih proses produksi STAB dari tahap merancang sampai final? Jelasin juga ya pembagian job desk-nya antara kalian berdua.
STAB : Proses produksinya memakan waktu sekitar 4 bulan dan berjalan sesuai standar, tapi biasanya sih kami melakukannya dengan spontan, jadi tanpa melalui proses sketsa dan langsung buat aja gitu. Hehehe. Nah, untuk pembagian job desk-nya nih, Dewi mengurus bagian produksi dan Bitha berada di bagian marketing (Bitha berdomisili di Jakarta – red). Namun, dalam melakukan tahap brainstorming hingga desain, kami melakukannya bersama-sama.

SFC : Balik lagi ya ke preview first collection STAB, bisa kasih deskripsi singkat gak mengenai koleksi tersebut?
STAB : Untuk kuantitas produksi first collection ini, setiap pilihan warna pada sebuah item rata-rata diproduksi sekitar 30-40 buah (1 item terdiri dari 2-3 pilihan warna – red) dan harganya berkisar dari Rp 200.000,00 hingga Rp 500.000,00 per item. Tentang pilihan warna, kami memang gak terlalu mematok harus menggunakan warna tertentu. Semuanya dipilih secara spontan dan saat itu kami ingin menggunakan warna-warna yang ceria seperti oranye, biru muda, pink muda, jadi nggak harus monokromatik gitu. Yang menarik dari desain kami adalah kami selalu menambahkan unsur ”Do-It-Yourself” pada setiap detil baju sehingga para pemakai bisa membuat variasi sesuai selera mereka. Disamping itu, dalam pembuatannya, kami sering melakukannya dengan spontan!

Photobucket


SFC : Siapa sajakah target sasaran pemasaran kalian?
STAB : Kami nggak mematok umur, siapa saja bisa membeli dan memakai produk kami. Dibuktikan dari penjualan saat Brightspot Market kemarin, ternyata para konsumen kami berasal dari kalangan anak SMP sampai ibu-ibu rumah tangga.

SFC : Cool! Nah mengacu pada keikutsertaan dan penjualan kalian di Brightspot Market nih, punya tips dan trik khusus gak sih agar bisa sampai diminati masyarakat luas, gak melulu hanya di Surabaya aja?
STAB : Sebenernya semua itu end-up nya di kualitas barang yang bagus ya, jadi kalo pengen bisa sampe dikenal di masyarakat luas sih mending bener-bener perhatiin kualitas barang dari awal. Selain itu, perluasan koneksi bisnis dan pertemanan juga penting lho.

SFC : Yap, setuju banget! Oke deh, makasih banyak ya atas kesediaan waktunya untuk diwawancara. Sukses terus ya buat STAB, kami tunggu next collection-nya!
STAB : Oke sama-sama ya. Next collection will be on April – May 2010, dengan tema yang berbeda pastinya ;)

STAB
(stare a bit)
Contact : stareabit@gmail.com
Facebook page : here
Download STAB "We're Knotting" lookbook : here
(RECOMMENDED! see the whole items for this collection!)

2 comments:

ria said...

STAB masuk review di go girl loh bulan maret hehe

Surabaya Fashion Carnival said...

wah iya? hehe cool!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...