Friday, January 30, 2009

COTTON 100% - PAMERAN T-SHIRT 4 KOTA



Pada hari Rabu tanggal 28 Januari 2009 kemarin, kru Surabaya Fashion Carnival berkunjung ke Garlick store, Jl.Bawean 39 Surabaya, untuk meliput COTTON 100% - PAMERAN T-SHIRT 4 KOTA yang diadakan oleh komunitas Endjoy 2005 dari Desain Komunikasi Visual ITS. Untuk sekedar informasi, sebelumnya pameran ini telah berlangsung di Solo, lalu Surabaya merupakan kota kedua untuk tempat pelaksanaan, selanjutnya adalah Jogja dan Jakarta.















Kedatangan kami awalnya muncul dari rasa ingin tahun akan seunik apakah berbagai t-shirt yang sedang dipamerkan disana; karena menurut sepengetahuan kami, t-shirt yang dipamerkan tidak hanya menggunakan metode sablon , tetapi juga dengan berbagai cara lainnya.





Dengan ditemani Kuro, pria berambut keriting yang sedang menempuh studinya pada semester 3 DKV ITS dan juga merupakan salah seorang kontributor pada pameran ini; kami mendapatkan beberapa informasi mengenai pameran ini.

Simak kutipan wawancara kami dengan beliau...

SFC : Halo Kuro! Kamu jaga pameran disini ya?
Kuro : Hey kalian! Haha iya, anak-anak kontributor padahal baru pulang lho, sayang sekali kalian tidak bertemu mereka..

SFC : Wah iya ya? Sayang sekali! Ya sudah, kalo gitu kamu aja ya yang kita wawancara! Oke Kuro, tolong jelasin dong tentang pameran ini.
Kuro : Jadi pameran ini berjudul Cotton 100% - Pameran T-shirt 4 Kota. Mengapa disebut Pameran T-shirt 4 kota? Karena kontributornya berasal dari Solo, Jogja, Surabaya, dan Jakarta. Semuanya datang dari berbagai macam institusi seni, tetapi disini juga ada kontributor yang berasal dari luar institusi, yaitu Monica Never Comes (MNC, sebuah komunitas street art di Surabaya -red). Nah yang kita pamerkan disini adalah kaos-kaos berbahan katun yang digambar sedemikian rupa dengan metode yang berbeda pula. Punyaku sendiri juga nggak pake tehnik sablon lho, tetapi pake cat AGA (salah satu merk cat poster).

SFC : Oh begitu.. lalu siapakah pencetus acara pameran ini?
Kuro : Kalo ngga salah sih si Ghalis (Aghastyo Ghalis, mahasiswa semester 7 DKV ITS)

SFC : Wah, mas Ghalis ya. Hmm eh sebenernya apa aja yang menjadi latar belakang saat membuat acara pameran ini?
Kuro : Yang pertama, kami sangat jenuh dengan baju-baju 'gaul' yang banyak beredar di toko karena gambar grafisnya mayoritas sama dan itu-itu aja. Bikin bosan 'kan? Nah kami ingin membuat sesuatu yang berbeda. Yang kedua, ini juga sebagai wadah apresiasi karya di media yang tidak biasa.

SFC : Wow, terus kaos-kaos yang dipajang disini bisa dibeli tidak?
Kuro : Kalo ada yang tertarik, aku bisa bantuin cari kontaknya.

SFC : Oke. Lalu bagaimana suasana acara opening pameran kemarin? Maaf ya kami berhalangan hadir, karena lagi pada sibuk.
Kuro : Hahahaha.. gak apa-apa! Suasana acara opening kemarin berjalan ricuh, banyak yang mabok, tapi seru!

(Berdasarkan informasi yang kami dapat, pada acara opening pameran kemarin, para pengunjung dapat membawa t-shirtnya sendiri untuk mendapatkan free sablon cotton 100% artwork. Wow!)

SFC : Hahahaha.. ya udah kalau gitu, Kuro. Makasih ya udah mau diwawancara. Oya, boleh minta poster acaranya? Buat ngelengkapin informasi list kontributor gitu..
Kuro : Boleh boleh, tapiii.. jangan lupa tulis "GANTENG" disebelah namaku ya! Hahaha (sambil memberikan poster pada Marsha)

* LIST PARA KONTRIBUTOR *

Solo :

Grafis darurart-UNS : Afik, Godo, Boing747, Pakdhe, NOPX, Shero-Coloroyd, Shantshine, Ferdi bowo, Ryan, Gombloh, Kadi, Eka Celly, Dyas-Coklatcantik, Dony Pinky, Andy Ryder, Ony, Topik, Pray+Snail, Hendra, Nemo, Sony, Ninitz, Tabah, Ninggar. The Participant : Deny-Circle, Gecho-Postmokers, Gilblow-Terkot, Dito-NK, Joni Amsterdam, Sigit, Dayat Daus.

Surabaya :

DKV ITS : Bagus-BGX, Aghastyo Ghalis, Pakto, Oktavian, Ida Adi, Evvn, Raditzu, VickyRakus, Ripkill, Kuro "GANTENG" (hahaha), Pandu, Aghastyo Ghalis X Rega Ayundya Putri (ITB), Dnrwhyu, Erik Mardon, Wahyu Eka Prasetya, Pongge-Yeahlow, Yaq-Revoltage, Adji, Eka, Mirza, Dita, Fitterhappier.

Jogja:

ISI Jogja : Viky, Luki, Levy, Ryan, Dito, Wahyu, Samid, Coro, Botak, Paijo, Domi, Ican

Jakarta :

IKJ : Tennessa Querida, Aditya Fachrizal, Sulaiman Said, Andy Tidjels, Toro Elmar, Yahyakhan Natadias, The Participant : Mandor Books, Widya Putri Mada, Swielida Anggraita, Dedy Kurniawan.

Eh denger-denger ntar bakalan ada pameran yang kedua lho!
Wah kayak apa ya serunya?
Well, kita tunggu aja! :)

2 comments:

Freddy style said...

waw..blog yg bner bner kreatif nih^^
keep posting yah^^

Surabaya Fashion Carnival said...

terimakasih terimakasih :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...